Sabtu, 03 November 2012

PENGENALAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT

 1. Pengenalan Microsoft Office Power Poin

Software presentasi merupakan software yang berfungsi untuk membantu membuat file
presentasi yang dinamis dengan menggunakan sisipan animasi. Salah satu program yang
digunakan untuk membantu presentasi adalah Microsoft Power Point. Progam ini dikemas
menjadi satu dalam produk Microsoft Office yang terdiri dari Word, Excel, Access dan
sebaginya. 
Saat ini telah muncul Microsof Office 2010 dan pada materi ini kita akan membahas
Microsoft Office Power Point 2003 yang berjalan pada system Operasi Windows 7. 
Power Point merupakan aplikasi yang berjalan pada system operasi berbasis Windows dan
Macintosh. Ada juga aplikasi yang sejenis yang berjalan di system opersai Linux yaitu
Openoffice Impress, belakangan telah muncul versi untuk Windows juga. Aplikasi presentasi
banyak digunakan oleh kalanan perkantoran seperti pebisnis, para pendidik, peneliti, siswa
hingga trainer.

2. Operasi Microsoft Power Point

Dalam Power Point, seperti halnya pernagkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks,
grafik, video , suara dan objek‐objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual
yang disebut dengan “slide”. Istilah slide dalam Power Point ini memiliki analogi yang sama
dengan slide dalam proyektor biasa. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar
dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide dapat berbentuk
dasarwebcast (sebuah siaran di World Wide Web), PowerPoint dapat menyimpan presentasi
dalam bentuk format berikut.
a. *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua
versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
b. *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi
PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
c. *.POT (PowerPoint Tempalate), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua
versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
d. *.PPT* (PowerPoint Presentation), yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya
tersedia dalam PowerPoint 12.

3. Menjalankan Aplikasi Microsoft PowerPoint 

a. Menjalankan PowerPoint

Ada banyak cara untuk membuka aplikasi PowerPoint namun pada dasarnya semuanya
sama. Cara yang paling umum untuk memulai Microsoft PowerPoint antara lain :
 Klik menu StartAll Program  Microsoft Office  Microsoft Office PowerPoint
2003.Menu Microsoft Office PowerPoint
 Atau mengklik 2 kali shortcut/ icon yang ada di desktop . 
Kemudian akan tampil aplikasi Microsoft Power Point seperti di bawah ini.
Aplikasi Microsoft PowerPoint

b. Menutup Aplikasi PowerPoint

Untuk menutup aplikasi PowerPoint, kita dapat mengklik button close yang
ada dipojok kanan atas atau mengklik menu File  Exit. Jika file belum tersimpan maka
akan mucul kotak dialog peringatan untuk menyimpan file tersebut, klik Yes untuk
menyimpan dan mengakhiri PowerPoint, klik No untuk tidak menyimpan file dan
mengakhiri PowerPoint atau klik Cancel untuk membatalkan perintah Exit dan kembali
ke aplikasi PowerPoint.

4. Mengenal Tampilan & Lingkungan Kerja Microsoft PowerPoint.

Kali ini kita akan membahas lingkungan kerja dari Microsoft PowerPoint. Hal ini sangat
penting karena akan membantu dalam menggunakan PowerPoint.
Tampilan aplikasi PowerPoint beserta keterangan singkat.
 
Adapun dari tampilan diatas akan dijelaskan fungsi dari masing‐masing bagian.
1. Title bar, digunakan untuk menampilka nama file yang sedang Anda kerjakan.
2. Outline bar, digunakan untuk melihat oputline dari masing‐masing slide.
3. Layout Slide, tampilan kecil (thumbnail) dari slide.
4. Slide bar, digunakan untuk melihat thumbnail (slide kecil) dari keseluruhan slide dan
berpindah ke slide yang anda tuju. Anda dapat scroll ke bawah bila slide banyak.  5. Menu bar, digunakan sebagai tempat menu‐menu dimana terdapat perintah
PowerPoint. 
6. Slide Pane, digunakan untuk bidang kerja PowerPoint.
7. Task Pane, digunakan untuk menunjukkan apa yang baru saja dibuka, dibuat dan
disimpan serta link ke template atau resource yang lain.
8. Tombol View, digunakan untuk merubah tampilan mulai dari normal, slide sorter,
maupun slide show.
9. Toolbar Drawing, digunakan untuk menggambar secara manual gambar‐gambar
sederhana seperti bentuk panah, geometri, wordart dan sebagainya.
10. Notes Pane, digunakan untuk menulis keterangan singkat yang ada pada tiap slide.

a. Mengenal Menubar dan Toolbar

Menubar
Menubar merupakan kumpulan perintah yang di dalamnya terdapat perintah‐perintah
yang disajikan dalam bentuk pull down menu.
Tampilan Menubar File
Dalam PowerPoint 2003 terdapat beberapa menu bar, antara lain :
a. File, digunakan untuk membuat, membuka dan menyimpan file PowerPoint serta
keluar dari aplikasi PowerPoint. 
Perintah  New, Open, Close, Save, Save As, Save as Wbe Page, File Search,
Permission, Package for CD, Web Page Preview, Page Setup, Print Preview, Print,
Send To, Properties dan Exit
b. Edit, digunakan untuk melakkan perintah editing seperti Copy, Delete, Find dan
sebagainya.
Perintah  Undo, Repeat, Cut, Copy, Paste, Office Clipboard, Paste Spesial, Paste as 
Hyperlink, Clear, Select All, Duplicate, Delete Slide, Find, Replace, Go to Property,
Links dan Object.
c. View, digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja.Perintah  Normal, Slide Sorter, Slide Show, Notes Page, Master, Color/ Grayscale,
Task Pane, Toolbars, Rules, Grid and Guides, Header and Footer, Markup dan Zoom.
d. Insert, digunakan untuk melakukan penyisipan slide, gambar, tabel, tanggal, tabel
dan sebagainya.
Perintah  New Slide, Duplicate Slide, Slide Number, Date and Time, Symbol,
Comment, Slides form Files, Slides from Outline, Picture, Diagram, Text Box, Movies
and Sounds, Chart, Table, Object dan Hyperlink.
e. Format, digunakan untuk melakukan perintah formatting seperti pengaturan huruf,
penomoran, perapian dan sebagainya.
Perintah  Font, Bullets and Numbering, Alignment, Line, Spacing, Change Case,
Replace Font, Slide Design, Slide Layout, Background dan Placeholder.
f. Tools, digunakan untuk pengaturan bahasa, pengejaan dan sebagainya.
Perintah  Speeling, Research, Theasaurus, Shared workspace, Compare and
Merge Presentations, Online Collaboration, Macro, Add‐Ins, AutoCorrect Options,
Customize dan Options.
g. Slide Show, digunakan untuk menampilkan presentasi, pengaturan penampilan file
presentasi dan sebagainya.
Perintah  View Show, Set Up Show, Rehearse Timings, Record Narration, Action
Buttons, Action settings, Animation, Custom Animation, Slide Animation, Slide
Transition, Hide Slide dan Custom  Show.
h. Window, digunakan untuk membuka jendela baru, mengatur jendela dan
sebagainya.
Perintah  New Window, Arrange All, Cascade dan Next Pane.
i. Help, digunakan untuk menampilkan panduan/ bantuan dalam menggunakan
PowerPoint.
Perintah  Microsoft PoerPoint Help, Show the Office Assitant, Microsoft Office
Online, Contact Us, check for Updates, Detect and Repair, Activate Product,
Customer feedback Options, About Microsoft PowerPoint.

Toolbar

Toolbar merupakan kumpulan perintah yang disajikan dalam bentuk tombol atau icon
gambar. Penggunaan menu Toolbar dapat dilakukan dengan cara mengklik icon yang
anda ingin digunakan.
Toolbar Standard & Formating
Sebagai contoh dibawah ini toolbar yang tergabung dalam Toolbar Standard &
Formating.
Toolbar  Nama  Fungsi
New Membuat file Blank Presentation baru
Copy Menyalin objek
Paste Menggandakan hasil Cut dan Copy
Print Preview Melihat hasil sebelm dicetakFont   Mengatur jenis font
Font Size Mengatur ukuran font
Bold Mengatur font menjadi tebal
Italic Memiringkan font
Align Mengatur perataan teks ke kiri, kanan atau
center.
Font Color Mengatur warna font
New Slide Membuat slide baru.
Bullet &Numbering Mengatur Bullet & Numbering

5. Membuat, menyimpan dan membuka file presentasi.

a. Membuat Presentasi
Secara umum, untuk membuat sebuah presentasi dapat dengan cara mengklik menu
File  New atau klik menu New pada toolbar Standard. Selain itu, kita dapat
melakukan dengan beberapa cara, antara lain :

1) Menggunakan Blank Presentation
Seperti pembahasan diatas, kita dapat membuat Blank Presentation dengan cara
mengklik icon New atau pilih menu File  New. Hingga muncul halaman presentasi
yang baru.
Tampilan Blank Presentation Setelah kita tentukan layout untuk tiap slide dengan mengklik menu layout slide
pada Task Pane, maka berikutnya kita tinggal menuliskan informasi‐informasi
yang  akan dipresentasikan sesuai dengan rencana.
Berikut ini beberapa jenis layout slide yang dapat anda pilih :
Title and Text Title, Chart and Content Text Title and Table Title and Content Title, Text and Content

2) Menggunakan Design Templates
Dengan fasilitas Design Templates kita dapat membuat presentasi dengan format
design yang telah disediakan oleh PowerPoint. Langkah‐  langkah untuk
menggunakan Design Template yaitu :
a) Klik menu File  New
b) Pilih menu Design Template yang muncul pada Task Pane, kemudian akan
muncul beberapa pilihan design.
c) Klik salah satu design yang diinginkan, contoh Proposal.
d) Klik tanda panah Apply Option yang terletak pada sisi kanan template Proposal,
kemudian pilih :
 Apply to All Slides, sebagai pilihan design untuk seluruh slide yang ada.
 Apply to Selected Slides, sebagai pilihan design untuk slide tertentu yang
telah dipilih.
e) Selanjutnya kita tuliskan informasi yang telah direncanakan.

3) Menggunakan Auto Content
Dengan fasilitas Auto Content kita dapat membuat presentasi secara otomatis. Kita
akan dihadapkan dengan serangkain pertanyaan lewat beberapa kotak dialog yang
dipilih dan diisi untuk menentukan bentuk presentasi. Langkah‐langkah untuk
membuat presentasi dengan Auto Content antara lain:
a) Klik menu File  New, hingga muncul Blank Presentation.
b) Selanjuntya, pilih From Auto Content Wizard pada bagian Task Pane.c) Klik tombol Next, hingga muncul jendela berikutnya, pilih salah satu tipe
presentasi yang diinginkan. Ada beberapa tipe pilihan presentasi, antara lain ;
 All, yaitu semua jenis presentasi.
 General, yaitu jenis presentasi yang umum digunakan.
 Corporate, yaitu jenis presentasi yang digunakan oleh preusahaan.
 Projects, yaitu jenis presentasi untuk pelaksanaan proyek.
 Sales/ Marketing, yaitu jenis presentasi yang digunakan untuk bidang sales/
marketing.
d) Disini kita contohkan dengan pilihan General  Generic.
e) Klik Next, maka akan muncul kotak dialog AutoContent Wizard – [Generic].
f) Pada kotak dialog diatas, anda dapat menetukan jenis keluaran (output tipe)
yang akan kita gunakan. Berikut ini beberapa jenis keluaran yang dapat kita pilih
antara lain :
 On‐screen presentation, digunakan apabila ingin menampilkan presentasi
yang dibuat dengan seluruh format dan efek animasi melalui layar
computer. Web presentation, digunakan apabila ingin menampilkan presentasi yang
dibuat dengan seluruh format dan efek animasinya melalui web server agar
dapat dilihat oleh pemakai internet.
 Black and white overheasds, digunakan apabila ingin menampilkan
presentasi dengan mencetaknya di atas transparansi hitam putih untuk
digunakan di OHP.
 Color overheads, digunakan apabila ingin menampilkan presentasi dengan
mencetak diatas transparansi berwarna untuk OHP.
 35mm slides, digunakan apabila ingin menampilkan presentasi dengan
mencetaknya di atas slide film.
g) Klik Next, maka akan ditampilkan kotak dialog AutoContent Wizard‐[Generic]
dengan option pilihan berikut.
 Presentation Title, diisi dengan judul presentasi.
 Footer, diisi dengan keterangan yang akan tampil di bawah slide.
 Date last updated, untuk menampilkan tanggal terakhir presentasi dibuat
atau diedit.
 Slide number, menampilkan nomor halaman slide.
h) Klik Next, maka akan muncul tombol berikutnya berupa pernyataan bahwa slide
telah dibuat. Kemudian klik Finish untuk melihat presentasi.Selanjutnya akan muncul file presentasi baru hasil dari AutoContent

b. Menyimpan Presentasi

Untuk menyimpan presentasi pada PowerPoint yang telah dibuat dengan cara memilih
menu File  Save As. Sedangkan untuk menyim[an presentasi yang telah diedit, maka
kita cuku    dengan memilih menu File  Save atau menekan tombol Ctrl+S pada
keyboard.Kotak dialog penyimpanan file presentasi.

c. Membuka File Presentasi

Sering kali kita bekerja dengan presentasi yang telah dibuat, baik untuk diedit kembali
atau mempresentasikan file presentasi kita ke orang lain, maka kita harus membuka file
presentasi tersebut dengan cara memilih menu File  Open atau dengan menekan
Ctrl+O.
Kotak dialog Open file presentasi..


^SEMOGA BERMANFAAT^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar